Keluarga Baru di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

13.32.00

Halo...Hula...Helooo....

Setelah bercumbu mesra dengan si Neng Ijen yang ayu tenan akupun ngelanjutin perjalanan ke Pantai Pulo Merah, disini aku istirahat semalam buat ngelanjutin perjalanan esok pagi ke Pantai Teluk Ijo atau Green Bay. Bah, akhirnya hari yang dinanti pun dateng juga. Gak kayak kebiasaan setiap hari yang biasa ngebo, kali ini aku bangun lebih awal, rugi banget brohh kalo harus ngebo di tempat yang indah ini  (Hahaa)

Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi, abis mandi kutolong ibu menghabiskan uang bapakku (Huahaha)

Sambil nyanyi ga jelas, akupun bergegas mandi karna seharian ga mandi abis dari Ijen kemarin. Ngga kok, aku tetap wangi dan fresh kok. Ngga percaya, cium nih (Ngasih ketek)
Gosok sana, gosok sini, bersihin anu, bersihin ini akhirnya selesai juga.

Mandi, udah, makan juga udah, cakep sudah. Oiya, pas aku lagi nyisir rambut, ada kejadian aneh nan mistis dikamar aku menginap, pas aku nyisir ada sosok pria yang mengerikan, tapi lama kelamaan dia berubah jadi ganteng, pas aku perhatikan lagi, ternyata itu aku yang ada dicermin. Gilaaa, ganteng banget aku ya (Hahaa)

Setelah persiapan beres, aku mulai berangkat menuju Pantai Teluk Ijo atau Green Bay. Perjalanan dari Pulo Merah ga jauh, sekitar 2 jam-an. Jalanan menuju Green Bay dari Pulo Merah udah bagus kok, jalannya aspal semua, pemandangannya juga edan, hijaunya hutan dan sawah jadi teman sepanjang perjalanan, ya begitulah kalo naik motor sendirian, ga ada yang nemenin, ga ada nyenderin. Ups (Hahaa)

Dan, akhirnya

Teluk Ijo uda dekat tuh
Pintu Masuk T.N Meru Betiri

Pos Pemeriksaan sekaligus tempat pembayaran tiket masuk T.N Meru Betiri

Cihuy....akhirnya nyampek juga di kawasan pantai termainstream kala itu.

Pantai Teluk Hijau atau yang disebut Green Bay berada di Taman Nasional Meru Betiri, di Kecamatan Pesanggaran, Kabupen Banyuwangi. Edan!!! Banyuwangi emang surga kecil di ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi menyimpan banyak keindahan alam dan budaya, bahkan dikenal luas juga dengan Festival Budaya yang dinantikan setiap wisatawan setiap tahunnya. Thanks God, Im Indonesia. I was born in Wonderful Land with alot great things.

Beranjak dari pemeriksaan tiket, lagi dan lagi ada aja rasa khawatir bagi pejalan pemula kayak aku ini, khawatir ngga ada teman untuk eksplor bareng, khawatir sama liburan yang ngebosenin dan banyak lagi. But, thats the journey, take it or leave it! Sambil nyemangatin diri sama perjalanan ke Ijen sebelumnya, aku terus jalan bareng kuda hitamku menyusuri kawasan Taman Nasional. Satu yang menjadi peganganku, Tuhan bersama hambaNya yang ingin mengenal lebih jauh ciptaanNya. Again, its true brohh! Pas aku udah nyampek di parkiran motor, ga berapa lama ada 3 orang yang sebaya samaku juga, dengan gaya sok cool (Padahal mah muka kasihan) aku nyapa mereka. Biasalah, pake basa-basi yang sebenarnya bukan aku kali. Tau sendirilah kalo orang batak itu ga bisa basa-basi, to the point aja taunya (Hahaa). Kamipun kenalan satu sama lain, cerita asal dari mana, cerita perjalanan, dan banyaklah. Ngga tau kenapa, biasanya aku kaku kali sama orang yang baru pertama kali kukenal, maklumlah, aku orangnya pemalu. Tapi ngga tau kenapa, semenjak kemarin aku enak aja ngobrol ngalur kidul ngga jelas, ngga ngerti kok bisa nyambung gitu, mungkin karna punya hobby yang sama kali yak (Hahaa)

Gak jauh jalan dari parkir motor, kamipun beristirahat disini, iya ditempat dibawah ini

Iyah, ada vandalisme/coretan di papannya :(

Pantai Teluk Ijonya ada dibalik bukit itu loh

Gak lama ngadem disini, kami ngelanjutin trekking sekitar 1 km lebih.

Trekk yang kami lewatin lumayan nguras tenaga juga, jalanan menanjak-menurun, melewatin sungai sampek ngelewatin hutan Taman Nasional. Tapi perjalanan trekkingnya ga terasa kok sama keindahan alam Taman Nasional yang adem banget, pokoknya enjoy dah (Hahaa)
Ntar, sebelum nemu Pantai Teluk Ijo, kita bakal ngelewatin satu pantai, namanya Pantai Batu. sesuai kayak namanya, dipantai ini ga ada pasirnya sama sekali, yang ada cuman batu doang, batu yang keras, sekeras hatimu yang menutup hati untukku (Haha)

Pantai Batu yang isininya batu semua

Pemandangan dari Pantai Batu

Nah, dari sini ada dua pilihan, mau jalan dari bibir Pantai Batu ini atau lewat jalur yang uda dibuat sama pengelola. Kalo kami milih jalur trekking hutan Taman Nasional, ngadem broh (Hahaa)
Oiya, selama trekking hati-hati sama barang bawaan kalian, karna disini banyak monyet liar yang bisa ngambil barang kalian. Jadi, kalo ada barang bawaan, bagusnya ditaruh didalam tas aja, jangan ditenteng, ntar dicolong loh soalnya uda kejadian sama kami (Hahaa)

Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman bertualang  (Song by Ninja Hatori.....Huahaaa)

Ga terasa, akhirnya nyampek juga broh
Suee, semua rasa lelah hilang gitu aja karna si doi yang begitu mempesona.

Iyah, ada aja ya orang yang pengen eksis tapi caranya salah, papannya kasian :(

Itu jalan kalo ngelewatin pantai batu, keliatan kan jalannya

Njirrrr, adem banget dah, pengen buru buru nyebur

Gimana, seksehhh banget kan si Teluk Ijo? Yoi man, Indonesia emang seksi dah, ga usah diragukan lagi. Gak usah takut buat eksplor ataupun mengenal Indonesia lebih jauh lagi.

"Langkahkan kakimu dan berjalanlah, karna dengan begitu kau akan mengenal lebih jauh dirimu dan negerimu - Edi Milala"

Gak nunggu lama, kami langsung nyari lapak buat ngadem. Disini masih banyak pohon jadi ga susah buat nyari tempat ngadem. Abis barang ditaruh, langsung aja kami buru-buru samperin si neng Teluk Ijo. Njirrr, seolah ingin balas dendam sama perjalanan yang panjang, kami langsung nyebur, guling-guling dihamparan pasirnya yang lembut banget broh, lebih lembut dari sentuhan tangannya *Eh, apasih

Guling sana-sini, lompat kesana-kemari, pokoknya kami have fun with this wonderful beach. Dan lagi aku bersyukur banget bisa dilahirkan ditanah yang kaya ini, ditanah yang penuh dengan warna kehidupan, banyak suku budaya. Yuk ah, kita jalanin bareng keindahan Indonesia ini. But first, keluarlah dari zona nyamanmu, rutinitas yang memblenggu, jangan terlalu banyak mikir, jalanin aja, ramahlah sama setiap orang dan percayalah Tuhan akan mempersiapkan orang-orang buat menolongmu disepanjang perjalananmu.

"A comfort zone is beautiful place, but nothing ever grows there"

Puas bercumbu sama neng Ijohh kamipun jalan ujung pantai ini buat ngebilas badan, tapi ga pake sabun ya, kasian pantainya kalo ngebilas pake sabun.
Oiya, dipantai ini juga ada air terjun mini, kurang lebih sekitar 8 meter, debit airnya gak gede sih, tapi cukuplah buat ngebilas badan yang penuh pasir. Manteb kan? Perpaduan pantai yang cantik dan air terjun mini yang seger banget dah.
Abis ngebilas badan kamipun ngadem bentar sambiil siap-siap buat balik.

Sebenarnya masih ada pantai lain selain Pantai Teluk Ijo, namanya Pantai Sukamade, tempat penangkaran penyu. Ada dua alternatif kalo mau kesana. Pertama nyewa perahu nelayan dari Pantai Rajegwesi, biasanya itu satu paket, abis dari Teluk Ijo langsung ke Sukamade. Kedua, trekking dari Pantai Teluk Ijo. Nah, kalo trekking dari Pantai Teluk Ijo jaraknya sekitar 2km. Tinggal sesuaikan sama selera aja (Kayak Ind*mie aja broh)

Persiapan kelar, kamipun pulang, meninggalkan si doi sendirian. Sabar ya, ntar aku pasti balik kesini lagi. Cup...Cup jangan nagis, sini peluk cium (Hahaa)

Gak kebayang sebelumnya seperti apa perjalananku di Pantai Teluk Ijo, banyak keraguan, kekhawatiran, pikiran buruk dan macem macemlah. Tapi faktanya, Im so happy and i enjoyed. So, we never know when we never try. Lets try then we know. Makasih Tuhan, makasih travelmate dari Surabaya. You awesome guys. Makasih buat keramahannya, candaannya, and everything. Thanks guys :*
Dari perjalanan ini aku semakin bersemangat untuk ngelangkahin kakiku lebih jauh lagi, rasa penasaran itu semakin besar, rasa penasaran akan apa yang bakal kuhadapi karna ketika kau travelling ko gak akan pernah tau kejutan apa yang bakal ko terima, kita bisa merencanakan sesuatu tapi seringnya yang direncanakan tidak sesuai. Dont worry, just enjoy it. There is the will, there is the way.
Yuk mengenal Indonesia lebih jauh lagi.

Makasih guys. Kalian luar biasa!

Lagi bercumbu sama si Teluk Ijo
Abaikan pemandangan disebelah kanan

Thank you very much sunrise of Java, You're fucking awesome!